Mengatur pengeluaran untuk Perawatan Tubuh

Setelah menikah, seringkali seorang wanita mengindahkan kebutuhannya akan merawat tubuh (apalagi yang sebelum menikah termasuk golongan yang kurang telaten merawat diri). Padahal perawatan diri, bagi seorang wanita itu sangat penting. Jangan katakan Anda tidak punya waktu atau anggaran:-)

Aturlah pengeluaran Anda, agar dapat memenuhi kebutuhan perawatan diri. Cari tips dan trik yang murah untuk merawat diri. Merawat diri (baca: sesekali memanjakan diri) merupakan stress relieving activity.

Pengeluaran seputar kebutuhan perawatan tubuh dapat dibagi menjadi:
Produk perawatan diri

Perawatan wajah

Perawatan rambut

Perawatan tubuh

Produk penampilan

PRODUK PERAWATAN
Untuk mengatur pengeluaran, sebaiknya Anda membuat anggaran yang akan keluarkan. Buat list terperinci seputar produk perawatan yang Anda gunakan. Misalnya: Susu pembersih dan penyegar wajah. Jika Anda membersihkan wajah, dua kali sehari, mungkin Anda akan menghabiskan 1botol sebulan. Demikian halnya dengan sabun mandi, setiap bulannya mungkin Anda akan membeli sabun mandi karena pemakaiannya yang rutin setiap hari.

Buat daftar produk yang Anda gunakan selengkap-lengkapnya, sehingga Anda memiliki gambaran, berapa yang Anda habiskan untuk produk perawatan diri selama sebulan.

PRODUK PENAMPILAN
Hampir setiap hari, kita dibanjiri informasi mengenai produk-produk yang meng-klaim dapat mempercantik Anda. Bukan sekali-dua, Andapun tergiur untuk mencoba produk tersebut. Hal inilah yang seringkali menyebabkan pengeluaran Anda membengkak. Seringkali wanita mudah tergiur rayuan iklan ataupun pramuniaga yang sedang menjajakan produknya.
Yang paling penting
1. Anda harus dapat menentukan berapa besar anggaran bulanan untuk perawatan dan penampilan. Apakah 20%, 30% atau 40%, semuanya tergantung Anda.
2. Ingat, hanya beli produk yang Anda butuhkan. Baik itu lipstick, eye liner, ataupun foundation.
3. Disiplinkan diri Anda. Jangan mudah tergiur rayuan iklan.

MEMBUAT ANGGARAN
Untuk memudahkan pengaturan anggaran, buat list produk yang Anda gunakan.
Perawatan wajah:
Susu pembersih
Toner penyegar
Pelembab
Krim malam
Krim mata
Scrub
Masker wajah

Perawatan rambut:
Shampoo dan conditioner
Masker rambut
Hair Tonic/Vitamin rambut

Perawatan tubuh
Sabun mandi
Lulur
Hand & Body Lotion
Cologne

Produk penampilan
Alas bedak
Bedak
Lip liner
Lipstick (buat daftar warna yang telah Anda miliki dan Anda butuhkan)
Pensil Alis
Pemulas pipi
Maskara
Minyak wangi
Hair gel
Styling Mouse
Hair Spray

Kemudian tandai produk mana yang Anda gunakan tiap hari, atau hanya pada kesempatan tertentu. Selalu juga perhatikan masa pakai tiap produk, jangan membeli terlalu banyak produk yang masa pakainya singkat. Misalnya, Maskara lama masa pakainya hanya 6bulan setelah pertama kali digunakan.

No comments:

Post a Comment

Isi Komentar anda di sini