Mari Berhemat!!!

Banyak orang berpikir hemat itu, benar-benar mengencangkan ikat pinggang. Awalnya pun, saya berpikiran yang sama. Tapi ternyata banyak hal di sekitar kita yang bisa dimulai sebagai proyek hemat:-)

Saya mulai dengan beberapa hal yang saya lakukan ya…
Membuat Daftar Belanja bulanan
Ketimbang harus belanja tiap minggu, atau setiap stok habis… Ada baiknya jika kita melakukan belanja reguler. Bulanan atau dua mingguan.
Sebelum belanja, selalu gunakan catatan. Ide klasiknya adalah berusaha disiplin dengan daftar belanja yang kita buat. Dengan adanya daftar belanja, kalaupun melenceng, tidak terlalu jauh… ketimbang belanja tanpa daftar.

Hal lain yang saya lakukan adalah tidak melakukan penimbunan terlalu banyak:-)
Misalnya dalam 1 bulan, kami sekeluarga membutuhkan 1tube besar pasta gigi. Di dalam lemari stock, saya selalu menyediakan 1tube sebagai stok.
Jadi, untuk beberapa barang… jika dalam lemari jumlah persediaan adalah 1, artinya harus membeli.

Merencanakan menu satu minggu.
Dengan merencanakan menu keluarga untuk satu minggu, kita akan lebih mudah dan irit ketika belanja.

Memasak untuk keluarga, kadang menjadi beban tersendiri bagi seorang ibu. Saran saya, ketika merencanakan menu satu minggu… Olah-lah bahan-bahan mentah seperti ikan, ayam, atau daging menjadi menu siap masak.

Kebiasaan saya setiap habis belanja, semua bahan mentah saya potong2 sesuai dengan rencana menu, dan dimasukkan dalam plastik untuk menu satu kali masak. Jika memungkinkan langsung saya beri bumbu, sebelum dimasukkan ke dalam freezer.

Beralih ke produk yang lebih ekonomis
Terkadang, kita sebagai konsumen tergiur untuk membeli produk-produk yang iklannya ditayangkan di media. Padahal, produk yang melakukan iklan besar2an… bisa dipastikan harganyapun lebih tinggi.

Tidak ada salahnya jika kita beralih ke produk2 non-premium untuk beberapa kebutuhan rumah tangga. Beda harga produk ini mungkin hanya beberapa ratus rupiah, tapi itupun penghematan kan?

Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit, sesuai dengan pepatah lama:-)

Beli dalam kemasan besar
Produk-produk rumah tangga, biasanya tersedia dalam beberapa kemasan. Produk dengan kemasan jumbo, harganya sedikit lebih murah dibandingkan dengan produk dengan kemasan standard

Gak perlu malu untuk menghitung harga per 100gr atau per piece tiap produk untuk membandingkannya. Untuk hal ini, biasanya saya minta tolong suami :-)

Jangan fanatik pada satu merk (kalau bisa…)

Suami saya sering bilang… “Kalau semua konsumen seperti kamu, pasti banyak perusahaan yang bingung mencari target market”

Kenapa beliau berpendapat demikian?
Saya tidak fanatik dalam membeli diaper untuk anak:-) Menurut saya pribadi, saya cukup fanatik karena target saya hanya 3merk tertentu.
Hanya saja, jika bulan ini saya beli produk A, belum tentu bulan depan juga membeli produk yang sama. Bisa jadi B atau C. Tergantung produk mana yang sedang melakukan promo. Hihihi…

Next time saya akan menulis tentang cara hemat lain ya…
Selamat berhemat!!!

No comments:

Post a Comment

Isi Komentar anda di sini