Kabut Asap Batam ( June 2013)

Mulai hari senin (17 June 2013) kemarin kota Batam di serang asap kiriman dari dumai dan pekanbaru,bukan hanya di batam saja (apalagi Pandawa Batuaji..he..he) asap pun telah migrasi sampai ke Singapore dan Malaysia, dan kabarnya tingkat Pencemaran udara di sana sudah mencapai 300psi, sedangkan di dumai dan duri yang merupakan sumber dari bencana ini sudah mencapai 650 psi..bisa di bayangkan betapa sakitnya!!!

Untuk daerah batam sementara ini belum ada data tentang tingkat pencemaran udara,tapi menurut perkiraan saya hampir sama dengan di singapore berkisar antara 240 hingga 300 psi

Ngemeng-ngemeng (minjam istilah TUKUL) tentang PSI (Pollutant Standards Index) atau ISPU (indeks Standard Pencemaran Udara) adalah angka yang tidak mem¬punyai satuan yang menggambarkan kondisi kualitas udara ambien di lokasi dan waktu tertentu yang didasarkan kepada dampak terhadap kesehatan manusia, nilai estetika dan makhluk hidup lainnya. Indeks.standar pencemar udara diperoleh ' dari pengoperasian stasiun pemantau kualitas udara ambien secara otomatis dan berkesinambungan.

Udara ambien adalah udara bebas di permukaan bumi yang dibutuhkan dan memengaruhi kesehatan manusia, makhluk hidup dan unsur lingkungan hidup lainnya, dan sudah bercampur dengan berbagai emisi industri atau kendaraan. Kualitas udara ambien dapat diketahui dengan melakukan pengukuran di suatu lokasi atau wilayah.
Umumnya parameter dasar yang diukur dalam ISPU adalah karbon monoksida (CO), nitrogen dioksida (NO2), ozon (O3), sulfur dioksida (S02), dan partikel (PM 10). Parameter zat pencemar dilaporkan dalam beberapa kategori:

Warna,kategori,rentang

  1. Baik 0 – 50 Hijau Tingkat kualitas udara yang tidak memberikan efek bagi kesehatan manusia atau hewan dan tidak berpengaruh pada tumbuhan, bangunan ataupun nilai estetika.
  2. Sedang 51 – 100 Biru Tingkat kualitas udara yang tidak berpengaruh pada kesehatan manusia ataupun hewan tetapi berpengaruh pada tumbuhan yang sensitive dan nilai estetika
  3. Tidak Sehat 101 – 199 Merah Tingkat kualitas udara yang bersifat merugikan pada manusia ataupun kelompok hewan yang sensitive atau bias menimbulkan kerusakan pada tumbuhan ataupun nilai estetika.
  4. Sangat Tidak Sehat 200 – 299 Kuning Tingkat kualitas udara yang dapat merugikan kesehatan pada sejumlah segmen populasi yang terpapar.
  5. Berbahaya 300 – lebih Hitam Tingkat kualitas udara berbahaya yang secara umum dapat merugikan kesehatan yang serius pada populasi
Dampaknya adalah substansi pencemar yang terdapat di udara dapat masuk ke dalam tubuh melalui sistem pemapasan. Jauhnya penetrasi zat pencemar ke dalam tubuh bergantung kepada jenis pencemarnya. Partikulat berukuran besar dapat tertahan di saluran pemapasan bagian atas, sedangkan partikulat berukuran kecil dan gas dapat mencapai paru-paru. Dari paru-paru, zat pencemar diserap oleh sistem peredaran darah dan menyebar ke seluruh tubuh.
Dampak kesehatan yang paling umum dijumpai adalah (SPA (infeksi saluran pemapasan atas), termasuk di antaranya asma, bronkitis, dan gangguan pernapasan lainnya selain itu juga dapat mempengaruhi IQ Anak!!

Berita tentang kabut Asap di Batam antara lain di sini 
1.Penerbangan mulai terganggu
2.Tetangga Sebelah sudah Paniang
3.Kabut asap sudah makan korban

No comments:

Post a Comment

Isi Komentar anda di sini